6 Jan 2014

Milih SMA atau SMK ???

Hai sobat, admin baru posting lagi nih.. ( siapa yang nanya.. wkwk ) tahun ajaran baru didepan mata. Bagi kalian para adik - adik siswa/i kelas 9 atau 3 smp pasti sedang bingung untuk menentukan pilihan mau meneruskan pedidikan kemana ? Pilih SMA apa SMK ?
Admin akan kasih Tipsnya nih supaya kalian tidak ragu untuk menentukan pilihan . Karna kalau ragu nantinya akan repot sediri...

Oke langsung aja :
1. Berdiskusi Dengan orang tua.
Ini adalah cara paling ampuh . Ceritakan kemampuan, bakat, dan minat kalian kepada orang tua, nanti orang tua yang akan mengasih saran kepada kamu lebih baik ke sma atau smk.

2. Sesuaikan minat dan bakatmu.
Kalau kalian menyukai pelajaran ipa sains lebih baik kamu melanjutkan ke SMA IPA. Kan gak mungkin dong kalau suka pelajaran ipa malah masuk ke smk jurusan otomotif. Bisa berabe urusannya

3. Mau langsung kerja apa kuliah dulu ?
Bagi kalian yang bercita cita ingin meneruskan keperguruan tinggi / kuliah sudah pasti pilihannya adalah SMA. Kalau yang ingin langsung kerja sudah pasti pilihannya SMK karna di SMK akan lebih sering di ajarkan praktek dari pada teori, anak SMK juga dibekali keterampilan softskill dan hardskill supaya bisa langsung kerja. anak SMK juga bisa kuliah, tetapi jika melanjutkan kuliah pasti akan kalah oleh anak SMA, karna anak SMA lebih banyak teorinya.

4. Sesuaikan dengan bajed keluarga anda
Kalau kalian mempunyai keluarga yang memiliki bajed pas - passan lebih baik memilih SMK karna setelah lulus bisa langsung kerja dan membantu perekonomian keluarga . Kalau orang tua kalian adalah orang tua mampu sebaiknya memilih SMA dan dilanjutkan ke Perguruan tinggi.

Semoga bisa membantu adik adik yang lagi bingung mau lanjut ke sma apa smk :))

1 comment:

  1. posting yang sangat bagus gan
    kunbal agan ditunggu ya :)

    www.masihcatatananakrpl.blogspot.com

    ReplyDelete

Syarat Berkomentar :

1. Berkomentar dengan bahasa yang Sopan
2. Berkomentar sesuai posting
3. Dilarang menyertakan link aktif, dsb

Followers

Copyright © Renals Blog | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com